10 Manfaat Mandi Air Hangat, Bikin Capek Langsung Hilang



OFF GRID

Setelah beraktivitas seharian, badan jadi terasa lelah sehingga rasanya ingin cepat-cepat mandi dan istirahat. Mandi dengan air dingin kelihatannya memang terasa menyegarkan, namun apakah Anda pernah mencoba mandi dengan air hangat ketika Anda sedang lelah?

Anda dapat mencoba mandi dengan air hangat untuk merasakan sensasi perbedaan dan manfaat setelahnya. Selain mandi dengan air hangat, Anda dapat mengompres bagian tubuh Anda atau berendam dengan air hangat untuk meredakan lelah, nyeri dan pegal-pegal di badan Anda.

Ketika kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin merupakan zat kimia yang dapat memberi rasa nyaman dan bahagia sehingga tubuh Anda akan lebih rileks setelahnya.


Manfaat Mandi Air Hangat


Berikut merupakan manfaat dari mandi air hangat, diantaranya adalah :

1. Menyembuhkan flu dan sakit kepala

Uap yang Anda hirup ketika sedang mandi air hangat berfungsi sebagai dekongestan alami yang mengatasi gejala hidung tersumbat. Dekongestan bekerja dengan cara meredakan pembengkakan pembuluh darah sehingga saluran napas menjadi lebih terbuka dan membuat napas lebih lega. Selain itu, air hangat yang dicampur minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint dapat membantu relaksasi yang lebih kuat dan melawan sakit tenggorokan. Air hangat juga dapat mempercepat sirkulasi darah yang membantu meringankan sakit kepala.

2. Melembapkan kulit

Suhu pada air hangat dapat membuka pori-pori kulit. Oleh karena itu, mandi dengan air hangat dapat membuka pori-pori pada tubuh dan membersihkan semua kotoran dan minyak yang menempel di badan. Rasa hangat dari air hangat dapat membuat kulit menjadi lembab dan lebih lembut serta kenyal.

3. Melepaskan racun dalam tubuh

Mandi dengan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi getah bening yang membuat Anda berkeringat dan melepaskan racun dan bakteri dalam tubuh.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Apakah Anda sering mengalami insomnia atau sulit tidur di malam hari? Jika iya, maka Anda dapat mencoba mandi menggunakan air hangat sebelum tidur. Efek relaksasi yang dihasilkan setelah mandi air hangat dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Hal tersebut dikarenakan suhu tubuh akan meningkat ketika berendam atau dibasahi dengan air hangat. Setelah beranjak dari kamar mandi, suhu tubuh akan memberi sinyal bahwa tubuh sudah siap tidur. Oleh karena itu, dengan mandi air hangat membuat kualitas tidur Anda lebih baik dan mengantuk lebih cepat.

5. Mengatasi iritasi kulit

Menurut laman alodokter, mandi atau berendam air hangat yang dicampur dengan bubuk oatmeal khusus dapat menjaga kelembapan dan mengatasi iritasi kulit. Selain itu, mandi air hangat juga dapat meredakan radang pada kulit.

6. Meningkatkan pernapasan

Kapasitas paru-paru dan asupan oksigen dapat meningkat oleh temperatur air hangat dan tekanan pada dada Anda. Manfaat lain yang dirasakan setelah mandi air hangat yaitu menurunkan resiko jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kontrol terhadap gula darah.

7. Mengobati sakit leher dan bahu

Mandi air hangat dapat menjadi pilihan alternatif untuk meredakan sakit leher dan bahu. Caranya, alirkan air hangat di sekitar leher dan bahu selama 10 menit untuk mengendurkan otot. Anda juga dapat menggerakkan leher dan bahu ketika mandi supaya otot tersebut semakin kendur dan tidak kaku. Cara tersebut dapat Anda lakukan jika mandi menggunakan shower atau air pancur.

8. Mencegah tekanan darah tinggi

Berdasarkan European Journal of Applied Physiology, manfaat air hangat lainnya adalah meredakan kekakuan pada pembuluh nadi. Arteri yang kaku dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, dengan terapi air hangat dapat memperlancar pembuluh darah serta mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

9. Mengurangi stres

Mandi air hangat dapat menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf sehingga dapat mengurangi stres. Anda juga dapat menambahkan minyak esensial favorit guna membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

10. Air hangat dapat mencegah penuaan dini.

Kebutuhan air dalam tubuh yang tercukupi membuat organ-organ tubuh dapat bekerja dengan baik. Tak terkecuali dengan kulit, mengkonsumsi air hangat secara rutin ternyata dapat mencegah kerutan di wajah sebagai tanda penuaan dini. Air hangat dapat mengganti sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru yang membuat kulit semakin sehat dan tetap elastis.


Bagi penderita penyakit jantung atau mengalami masalah jantung tidak disarankan untuk berendam air hangat terlalu lama. Cukup 5-10 menit dan imbangi dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih guna mencegah dehidrasi akibat mandi dengan air hangat.


Waktu Terbaik Mandi Air Hangat


Sebagimana yang tercantum di laman katadata, waktu terbaik untuk mandi air hangat adalah 1-2 jam sebelum tidur di malam hari. Meskipun demikian, cukup 10 menit saja dan tetap tidak disarankan untuk berlama-lama mandi air hangat, untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Adapun suhu air yang tepat sebagaimana yang disampaikan oleh professor dari University of Texas, Amerika Serikat, yaitu maksimal 40 oC.


Itulah 10 manfaat seputar mandi air hangat. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda yang ingin menghilangkan lelah.



Artikel Lainnya