Reverse Osmosis (RO)

Reverse osmosis (RO) bukanlah alat magic yang menghasilkan air dengan metode hocus pocus atau sulap. Ia juga bukan penghasil air dengan khasiat ini itu. Kalau ada yang menawarkan RO dengan janji-janji khasiat ini itu, bisa saya pastikan ia berbohong. RO adalah sistem pembersihan air yang memisahkan antara molekul air dan yang bukan molekul air. Yang bukan itu termasuk kotoran, bakteri, virus, serta mineral. Prinsipnya adalah memisahkan (separasi), bukan menyaring (filtrasi).

Prinsip kerjanya memakai mekanisme osmosis. Masih ingat pelajaran SMP tentang difusi dan osmosis? Air yang mengandung zat pada konsentrasi tertentu yang dibatasi dengan membran semipermeabel akan melakukan pergerakan. Pergerakan terjadi dari daerah dengan konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. Misalnya, air garam. Kalau kita punya air garam di satu wadah, dan di sebelahnya ada air tawar, kedua bagian itu dipisahkan oleh membran semipermeabel, maka air tawar akan bergerak ke arah air asin.

Tapi apa itu membran semipermeabel? Itu adalah membran yang bisa meloloskan satu jenis molekul dan menahan jenis lain. Gampangnya begini. Molekul air diameternya lebih kecil dari ion-ion. Diameter molekul air 2,75 angstrom. Diameter ion Na+ adalah 102 angstrom. Ion Cl- diameternya 181 angstrom. Membran RO adalah lembaran polimer yang berlubang (porous) dan hanya bisa meloloskan molekul yang tidak lebih besar dari 2,75 angstrom tadi. Arinya ion-ion Na maupun Cl tidak bisa lolos. Reverse osmosis artinya osmosis yang dibalik. Air dengan kandungan tertentu diberi tekanan, sehingga molekul-molekul air bergerak ke arah konsentrasi rendah (dalam contoh di atas air tawar) dari konsentrasi tinggi (air asin). proses osmosis tadi dibalik.

Apa gunanya membran ini? Kegunaan umumnya adalah memisahkan partikel berskala nano dari cairan, dalam hal ini sering dipakai untuk air. Lebih tegas lagi, salah satu kegunaannya adalah memisahkan ion-ion garam dari air. Sederhananya, membuat air tawar dari air laut. Ini disebut desalinasi. Hampir semua industri makanan dan minuman memakai RO untuk menjaga mutu airnya. Jadi minuman bersoda, teh dalam botol itu pakai RO. Termasuk air minum tawar dalam kemasan seperti Aqua, Ades, dan sebagainya itu.

Air dari sumber alam dibersihkan dengan serangkaian proses, di ujungnya pakai RO. Mineralnya tersaring kan? Kenapa disebut air mineral? Produsen menambahkan mineral di proses akhir. Ada yang tidak menambahkan, hanya menjual air dari hasil pembersihan dengan RO. Sistem RO tidak berdiri sendiri. Anda tidak bisa memasukkan air kotor begitu saja. Harus ada perlakuan pendahuluan (pre-treatment) dengan handal water filter. Tujuannya untuk memisahkan kotoran berat. Setelah itu baru dilewatkan ke RO. Kalau tidak, membran RO bakal tersumbat.

RO dalam ukuran mini biasa dipakai untuk unit-unit kecil di rumah tangga. Ingat, fungsinya hanya untuk membersihkan air. Sebenarnya minum air RO tidak sehat, karena tidak ada kandungan mineralnya.


Artikel Lainnya